gunadarma

gunadarma
gunadarma university

gunadarma

gunadarma
gunadarma university

gunadarma

gunadarma
gunadarma university

Minggu, 23 November 2014

DESAIN PEMODELAN GRAFIK 3

DESAIN PEMODELAN GRAFIK 

Latar Belakang Masalah
Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat seperti nyata. Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat mudah dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis  2D.

Identifikasi Masalah
Apa saja software yang digunakan dalam desain pemodelan grafik yang sering digunakan saat ini? Dan apa kegunaannya?

Tujuan
Untuk mengetahui jenis-jenis software yang sering digunakan dalam desain pemodelan grafik.


Pembahasan
Sebelum membahas apa itu desain pemodelan grafik ada baiknya kita mengetahui arti dari setiap kata penyusunnya, yaitu desain, model, dan grafik.

1. Desain
Desain adalah suatu sistem yang berlaku untuk segala jenis perancangan dimana titik beratnya adalah melihat segala sesuatu persoalan sebagai satu kesatuan dimana setiap masalahnya saling terkait.

2. Model
Model adalah perwujudan dari rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek sistem atau konsep. Ada beberapa bentuk model:
a. Model fisik seperti maket, bentuk prototype,
b. Model citra seperti gambar rancangan, citra computer,
c. Rumusan matematis, dll.

3. Grafik
Grafik adalah perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang mewakili makna tertentu dan memiliki ukuran dan nilai untuk disampaikan kepada khalayak. Contoh : foto, gambar/drawing, line art, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, dan lain-lain.
Desain grafis adalah suatu bentuk penyampaian informasi dan pesan yang efektif melalui bentuk visual seperti gambar.
Jadi, secara keseluruhan Desain Permodelan Grafik adalah suatu proses penciptaan suatu objek yang baru menggunakan software aplikasi dengan melakukan beberapa tahap, yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.
Berikut adalah software yang digunakan untuk proses desain grafis:
1. Desktop Publishing
     a. Adobe Photoshop
     b. Adobe Illustrator
     c. Adobe Indesign
     d. GIMP
     e. InkScape
     f. CorelDraw
     g. Adobe Page Maker
2. Web Design
     a. Adobe Dreamweaver
     b. Microsoft Frontpage
     c. Notepad
     d. Php
3. Audio Visual
     a. Adobe After Effect
     b. Adobe Premier
     c. Final Cut
     d. Adobe Flash(Macromedia Flash)
     e. Ulead Video Studio
     f. Magic Movie Edit Pro
     g. Cyberlink Power Director
4. Rendering 3D
     a. 3Ds Max
     b. Maya
     c. AutoCAD
     d. Google SketchUp
     e. Blender
     f. Unity 3d

Kesimpulan
Ada beberapa software pendukung desaign grafis yang dapat di gunakan oleh user.

Analisa
Adapun kelebihannya yaitu tahapan pembuatan terstruktur. Dan kekurangannya yaitu terdapat titik berat pada suatu sistemnya.

Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar