DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Latar
Bealakang Masalah
Desain Pemodelan Grafik
adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek,
memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup
(bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah
ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya
menggambarkan sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D
yang lebih terlihat seperti nyata. Grafis yang dibuat dengan baik dapat
mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat
mudah dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti
laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini
telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer
grafis. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan
digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan
perangkat komputer grafis 2D.
Identifikasi
Masalah
Apa saja software yang
digunakan dalam desain pemodelan grafik yang sering digunakan saat ini?
Peralatan desain grafis
Pengenalan dan dasar
penggunaan aplikasi blender
Tujuan
Tujuan dari pembuatan
jurnal analisis ini untuk mengetahui apa itu desain pemodelan grafik dari
berbagai macam dan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill.
Pembahasan
Desain
grafis
Suatu bentuk komunikasi
visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis
diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya,
desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya
tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan unsur desain
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain
grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur
tersebut (termasuk shape, bentuk (“form”), tekstur, garis, ruang,
dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip
tersebut, seperti keseimbangan (“balance”), ritme(“rhythm”),
tekanan (“emphasis”), proporsi (“proportion”) dan
kesatuan (“unity”), kemudian membentuk aspek struktural komposisi
yang lebih luas.
Daftar
Software Desain Grafis:
Desktop Publishing
Adobe Photoshop
Adobe Ilustrator
Adobe Indesign
Page Maker
Corel Draw
GIMP
Inkscape
Adobe Freehand
Adobe Image Ready
Coreldraw
Webdesign
MacromediaDreamweaver
Microsoft Frontpage
Notepad
Adobe Photoshop
Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau
sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director
Rendering 3 Dimensi
3D StuidoMax
Maya
AutoCad
Google Sketchup
Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Sebelum kita masuk ke
pengenalan dan aplikasi antar muka Blender saya akan membahas megenai pemodelan
grafik komputer.
Pemodelan
Membentuk suatu
benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek
bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini
sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Desain Pemodelan Grafik
Desain permodelan
grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses
membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer.
Berikut adalah kegiatan
yang berkaitan dengan grafik komputer:
Pemodelan geometris:
Menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
Rendering: Memproduksi
citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Animasi:
Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
Blender itu sendiri adalah
perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan popular di kalangan
desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat
lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Belnder itu sendiri
tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD
Perangkat lunak ini
berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa
saja. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan
logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Dasar penggunaan itu
sendiri seperti perintah geser layar atau objek, rotasi, dan zoom, menggunakan
kombinasi antara tombol-tombol mouse(Kiri, kanan, atau tengah klik &
scroll) dengan tombol Shift, CTRL, atau ALT. Klik kiri untuk memindahkan
cursor. Klik tengah untuk rotasi view. Kilik tengah+shift untuk menggeser view.
Klik kanan untuk memilih(select) dan manipulasi objek.
Pada Blender itu
sendiri teradapat beberapa mode yang dapat dipilih sesuai tujuan atau
penambahan partikel objectnya. Dianatarnya object mode, edit, mode, texture
paint, weight paint, vertex paint, sculpt mode, dll. Tetapi untuk saat ini kita
hanya akan mengintip sedikit object mode dan edit mode.
Blender sudah memiliki Game Engine
sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah
ketimbang menggunakan C++,C, dll.
Kesimpulan
Jadi, pada desain grafik ini dapat menggunakan aplikasi blender dan blender itu sendiri memiliki game engine yang menggunakan python.
Analisa
Analisa
Pada Analisa yang saya
dapat salah satu kelebihannya adalah suatu bentuk komunikasi visual yang dapat
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain
komunikasi dan fine art. salah satu kekurangannya adalah Kelemahan Grafis bitmap adalah objek gambar tersebut memilik permasalahan ketika diubah ukurannya,khususnya ketika objek gambarnya diperbesar.
Referensi
http://dhimaz-ardiand.blogspot.com/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar