gunadarma

gunadarma
gunadarma university

gunadarma

gunadarma
gunadarma university

gunadarma

gunadarma
gunadarma university

Rabu, 04 Mei 2016

Tugas 3 - QUANTUM COMPUTATION


NAMA  : DENI REJA AFRIJA
KELAS : 4IA24
NPM    : 51412833



QUANTUM COMPUTATION
Saya akan menjelaskan tentang apa itu Quantum Computation yaitu adalah dimana alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data.
Jadi, jumlah data dihitung dengan bit dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit. Prinsip dasar pada komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini.

QUANTUM ENTAGLEMENT
Selanjutnya Quantum entanglement adalah bagian dari fenomena quantum mechanical yang menyatakan bahwa dua atau lebih objek dapat digambarkan mempunyai hubungan dengan objek lainnya walaupun objek tersebut berdiri sendiri dan terpisah dengan objek lainnya.

PENGOPERASIAN DATA QUBIT
Jadi Qubit itu merupakan kuantum bit, dimana mitra dalam komputasi kuantum dengan digit biner atau bit dari komputasi klasik. Sama seperti sedikit adalah unit dasar informasi dalam komputer klasik, qubit adalah unit dasar informasi dalam komputer kuantum. Dalam komputer kuantum, sejumlah partikel elemental seperti elektron atau foton dapat digunakan (dalam praktek, keberhasilan juga telah dicapai dengan ion), baik dengan biaya mereka atau polarisasi bertindak sebagai representasi dari 0 dan / atau 1. Setiap partikel-partikel ini dikenal sebagai qubit, sifat dan perilaku partikel-partikel ini (seperti yang diungkapkan dalam teori kuantum) membentuk dasar dari komputasi kuantum. Dua aspek yang paling relevan fisika kuantum adalah prinsip superposisi dan Entanglement.

ALGORITMA PADA QUANTUM COMPUTING
Disini akan menjelaskan tentang Algoritma yang digunakan pada Quantum Computing yang sampai saat ini telah dikemukaan dua algoritma baru yang bisa digunakan dalam sistem kuantum yaitu algoritma shor dan algoritma grover.

ALGORITMA SHOR
Algoritma yang ditemukan oleh Peter Shor pada tahun 1995. Dengan menggunakan algoritma ini, sebuah komputer kuantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang saat ini secara umum digunakan untuk mengamankan pengiriman data. Kode yang disebut kode RSA ini, jika disandikan melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, pemecahan kode RSA membutuhkan kerja ribuan komputer secara paralel sehingga kerja pemecahan ini tidaklah efektif.

ALGORITMA GROVER
Algoritma Grover adalah sebuah algoritma kuantum yang menawarkan percepatan kuadrat dibandingkan pencarian linear klasik untuk list tak terurut. Algoritma Grover menggambarkan bahwa dengan menggunakan pencarian model kuantum, pencarian dapat dilakukan lebih cepat dari model komputasi klasik.

IMPLEMENTASI QUANTUM COMPUTING
Komputer kuantum ini adalah super konduktor chip yang dirancang oleh sistem D – gelombang dan yang dibuat di NASA Jet Propulsion Laboratories. seperti metaheuristik dapat menyerupai masalah optimisasi global mirip dengan masalah klasik seperti pedagang keliling, koloni semut atau optimasi swarm, yang dapat menavigasi melalui database seperti labirin. Menggunakan partikel terjerat sebagai qubit, algoritma ini bisa dinavigasi jauh lebih cepat daripada komputer konvensional dan dengan lebih banyak variabel. Penggunaan metaheuristik canggih pada fungsi heuristical lebih rendah dapat melihat simulasi komputer yang dapat memilih sub rutinitas tertentu pada komputer sendiri untuk memecahkan masalah dengan cara yang benar-benar cerdas. Dengan cara ini mesin akan jauh lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan data indrawi dan akan mampu berfungsi dengan jauh lebih otomatisasi daripada yang mungkin dengan komputer normal.

KESIMPULAN
Jadi Quantum Computation yaitu adalah dimana alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum dan juga terdapat dua algoritma yang dapat digunakan Quantum Computation yaitu Algoritma Shor dan Algoritma Grover dimana kedua algoritma tersebut memiliki metode dan cara kerja yang berbeda.

SUMBER
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_kuantum
http://seto.citravision.com/berita-43-pengantar-quantum-computation--pengoperasian-data-qubit.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Grover%27s_algorithm
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?artikel&1152643054

Tidak ada komentar:

Posting Komentar