Kelas : 4IA24
NPM : 51412833
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
E-COMMERCE & E-BUSINESS
- E-COMMERCE
E-commerce merupakan istilah yang saat ini sering kita dengar. E-commerce bahkan
menjadi salah satu industri dengan potensi bisnis yang tinggi di seluruh dunia.
Banyak perusahaan yang semula bergerak di lini offline mulai
merambah ke digital dan menerapkan e-commerce.
Sebenarnya apa itu e-commerce dan apa
saja yang perlu kita pahami darinya? Berikut ini saya mencoba mengajak para
pembaca untuk memahami e-commerce secara lebih
mendasar.
E-commerce merupakan akronim dari electronic
commerce. Secara harafiah, e-commercediartikan sebagai
perdagangan elektronik. Sederhananya, kita akan memahami e-commerce sebagai
proses transaksi jual beli barang dan jasa dengan media elektronik (dalam hal
ini peran utamanya adalah internet).
Untuk lebih memahaminya, saya menjabarkan
beberapa pengertian e-commerce dari berbagai sumber yang
memberikan gambaran secara lebih spesifik apa itu e-commerce.
perdagangan barang dan jasa menggunakan jaringan komputer
yang terkoneksi melalui internet.
berbagai kegiatan bisnis online untuk
produk dan jasa.
segala bentuk transaksi bisnis dengan pihak pelaku
berinteraksi secara elektronik alih-alih pertukaran/kontak fisik secara
langsung.
transaksi bisnis yang mencakup perpindahan hak
kepemilikan barang/jasa melalui jaringan yang dihubungkan melalui komputer.
penggunaan komunikasi elektronik dan teknologi pemrosesan
informasi digital dalam transaksi bisnis untuk membuat, mentransformasikan,
mendefinisikan kembali hubungan nilai dan organisasi, serta hubungan organisasi
dan individu.
Jenis-jenis e-commerce
E-commerce secara umum terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan lingkup transaksinya, yaitu:
Business-to-business (B2B) : transaksi terjadi antar perusahaan
Business-to-consumer (B2C) : transaksi terjadi antara perusahaan dengan konsumen
Business-to-government (B2G) : transaksi terjadi antara perusahaan dengan sektor publik/instansi pemerintahan
Consumer-to-consumer (C2C) : transaksi terjadi antara individu
Mobile commerce (m-commerce) : transaksi menggunakan media mobile (ponsel).
- E-BUSINESS
E-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi
elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara
lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang
secara online.
Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa
pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara
elektronik.
E-business memiliki
karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja
e-business memiliki cakupan yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar
pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan
dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media
internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.
Dalam kegiatan e-business, ada
lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :
1. Business to Business
(perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2. Business to Consumer
(perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3. Consumer to Consumer
(perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4. Consumer to Business
(perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5. Intrabusiness e-business
(perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang,
jasa, dan informasi.
Sasaran dari e-business adalah
pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang
sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet,
termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar
yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.
Tahapan E-business
Ada empat tahap pemanfaatan
jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi
transformasi perusahaan tradisional ke e-business, diantaranya sebagai berikut:
1. Mendayagunakan
komputer
2. Mendayagunakan
jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
3. Membangun
dan mendayagunakan web
4. E
– commerce
Kesimpulan
Kesimpulan
E-commerce merupakan sebuah aktivitas bisnis online yang berfokus pada transaksi jual-beli
barang/jasa, bertujuan mencapai profit/nilai komersil, dengan memanfaatkan
teknologi komunikasi dan informasi melalui jaringan komputer. E-commerce sendiri terbagi dalam beberapa jenis
berdasarkan lingkup/pelaku transaksi. Terdapat perbedaan signifikan antara e-commerce dengan e-business pada fokus tujuan pemanfaatan
teknologinya.
Perbedaan yang mendasar antara
e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada
bagaimana memperoleh keuntungan, sedangkan e-business berorientasi pada
kepentingan jangka panjang dan sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen,
pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan
penanganan masalah sosial lainnya. Selain dari perbedaan yang dimiliki oleh
keduanya, ternyata keduanya juga memiliki persamaan tujuan yaitu memajukan
perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.
Referensi
http://www.agateseo.com/bingung-apa-itu-e-commerce-berikut-penjelasannya/
Referensi
http://www.agateseo.com/bingung-apa-itu-e-commerce-berikut-penjelasannya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar